A.
Tabulasi
Tabulasi
adalah proses menempatkan data dalam bentuk tabel dengan cara membuat tabel
yang berisikan data sesuai dengan kebutuhan analisis. Tabel yang dibuat
sebaiknya mampu meringkas semua data yang akan dianalisis. Pemisahan tabel akan
menyulitkan peneliti dalam proses analisis data.
G..E.R.Burroughas
mengemukakan klasifikasi analisis data sebagai berikut:
1.
Tabulasi data (the tabulation of the
data)
2.
Penyimpulan data (the summarizing of the
data)
3.
Analisis data untuk tujuan testing
hipotesis
4.
Analisis data untuk tujuan penarikan
kesimpulan
Yang
termasuk ke dalam kegiatan tabulasi antara lain:
1.
Memberikan skor (scoring) terhadap
item-item yang perlu diberi skor .Misalnya tes,angket bentuk pilihan ganda, rating
scale, dan sebagainya.
2.
Memberikan kode terhadap item-item yang
diberi skor.
3.
Mengubah jenis data, disesuaikan atau
dimodifikasikan dengan teknik analisis yang digunakan.
Misalnya:
· Data
interval diubah menjadi data ordinal dengan membuat tingkatan.
· Data
ordinal atau data interval diubah menjadi data diskrit.
4.
Memberikan kode (coding) dalam hubungan
dengan pengolahan data jika akan menggunakan komputer. Dalam hal ini pengolah
data memberikan kode pada semua variabel,kemudian mencoba menentukan tempatnya
di dalam coding sheet (coding form).
Setelah
instrumen diskor,hasilnya ditransfer dalam bentuk yang lebih ringkas dan mudah
dilihat. Mencatat skor secara sistematis akan memudahkan pengamatan data dan
memperoleh gambaran analisisnya. Dari tabulasi, analisis data dapat dilakukan
dengan cara sederhana, yaitu dengan menggunakan prinsip analisis deskripsi, yaitu
mencari jumlah skor, nilai rerata, standar penyimpangan, dan variasi
penyebarannya. Data dapat pula ditampilkan dalam bentuk grafis untuk melihat
gambaran secara komprehensif.
Jika
analisis data adalah membandingkan dua kelompok maka data ditempatkan dalam
kolom yang berbeda. Misalnya kolom dua untuk kelompok A dan kolom tiga untuk
kelompok B. Dari cara pengelompokan ini kita dapat melakukan perbandingan
antara penguasaan keterampilan A dan B.Seperti terlihat pada tabel dibawah ini
:
Kompetensi
|
Keterampilan
A
|
Keterampilan
B
|
Kompetensi
Pemahaman Konsep
|
68
72
76
78
80
84
85
86
86
88
|
55
60
65
70
72
74
74
75
75
76
|
Kompetensi
Komunikasi
|
50
58
60
62
64
64
66
67
70
72
|
60
66
67
68
69
69
70
70
71
71
|
Disamping
membandingkan antara penguasaan keterampilan antara dua kelompok, seorang
peneliti dapat juga membandingkan misalnya kebutuhan kompetensi pemahaman
konsep dengan kompetensi komunikasi.
Dibawah
ini contoh skoring dan tabulasi data dari hasil analisis tes yang terdiri dari
10 butir soal yang dikerjakan oleh 20 orang siswa.
TABEL ANALISIS 10 BUTIR SOAL 20
SISWA
Siswa
|
Nilai Soal
|
Skor
Siswa
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||
A
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
0
|
5
|
B
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
7
|
C
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
D
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
5
|
E
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
10
|
F
|
1
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
6
|
G
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
6
|
H
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
6
|
I
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
J
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
7
|
K
|
1
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
7
|
L
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
5
|
M
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
0
|
0
|
1
|
1
|
0
|
3
|
N
|
0
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
7
|
O
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
9
|
P
|
0
|
1
|
0
|
0
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
0
|
3
|
Q
|
1
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
1
|
8
|
R
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
8
|
S
|
1
|
0
|
1
|
0
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
6
|
T
|
0
|
1
|
0
|
1
|
0
|
1
|
1
|
1
|
1
|
0
|
6
|
JUMLAH
|
11
|
15
|
12
|
8
|
6
|
16
|
15
|
17
|
20
|
10
|
|
Berdasarkan
nama-nama siswa dapat kita peroleh skor-skor sebagai berikut :
A = 5 F = 6 K
= 7 P = 3
B = 7 G = 6 L
= 5 Q = 8
C
= 8 H = 6 M = 3 R = 8
D
= 5 I = 8 N
= 7 S = 6
E = 10 J
= 7 O = 9 T = 6
Dengan
menggunakan prinsip tabulasi ini,seorang peneliti akan dapat menentukan arah
selanjutnya teknik analisis apa yang diperlukan,tergantung dengan tujuan
analisis data yang hendak dicapai.
mau tanya ni mas..bagaimana cara tabulasi data,,kalau datanya ada yg segala ordinal dn nominal
BalasHapusterima kasih ilmunya ,saya menjadilebih paham
BalasHapus